Kloter Pertama Berangkat Besok

Kloter Pertama Berangkat Besok
Kloter Pertama Berangkat Besok

jpnn.com - JAKARTA - Jamaah Haji Indonesia akan mulai diberangkatkan menuju tanah suci besok (01/09). Scara keseluruhan, persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1435H/2014 diklaim rampung oleh Kementerian Agama (Kemenag). Meski, hingga kini negosiasi hotel transito untuk Jamaah di Jeddah masih berlangsung.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menuturkan, kendati saat ini negosiasi masih berlangsung, hal itu tidak akan mempengaruhi jadwal penyelenggaraan haji. Sebab, hotel transito tersebut hanya digunakan saat kepulangan jamaah haji indonesia ke tanah air.

Para jamaah sendiri akan diberangkatkan mulai tanggal 1 September 2014, dengan masa tinggal selama 39 hari. Dengan masa waktu lebih dari sebulan itu, ia optimis proses negosiasi akan selesai sebelum kepulangan jamaah.

"Persiapan sudah 95 persen, tinggal hotel transito saja yang di Jeddah. Memang ini belum, tapi itu kan untuk kepulangan nanti. Jadi semuanya masih on schedule," jelasnya.

Lukman menjelaskan, negosiasi tersebut terkait harga untuk hotel. Meski demikian, ia meyakinkan, bahwa seluruh akomodasi di Mekkah dan Madinah telah rampung. Sehingga jamaah haji indonesia tidak perlu khawatir akan terganggu dalam menjalankan ibadah.

Sementara itu, pada pemberangaktan pertama besok, akan diberangkatkan sepuluh kloter jamaah haji indonesia. Satu kloter terdiri dari kurang lebih 400 orang jamaah haji. Mereka diberangkatkan melalui sembilan embarkasi, yakni embarkasi Medan, Batam, Padang, Jakarta Pondok Gede, Jakarta bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, dan Lombok. Lokasi kedatangan mereka akan dibagi menjadi dua, lima kloter akan mendarat di Madinah dan lima kloter lainnya di Jeddah.

"Tahun ini, jamaah kita akan diterbangkan dengan menggunakan Garuda dan Saudi airlines. Pesawatnya lebih lebar sehingga daya tampungnya juga lebih besar," tutur politisi asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Hal ini, lanjut dia, yang menyebabkan kloter haji tahun ini lebih sedikit dari tahun lalu, dari 385 kloter menjadi 371 kloter. "sehingga juga akan mempengarui masa tinggal, dari 41 hari menjadi 39 hari. karena masa penerbangan mereka pun jadi lebih cepat," lanjutnya.

JAKARTA - Jamaah Haji Indonesia akan mulai diberangkatkan menuju tanah suci besok (01/09). Scara keseluruhan, persiapan penyelenggaraan ibadah haji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News