JPNN.com

KM Formosa 12 yang Hilang Kontak Ditemukan, 19 ABK Selamat

Jumat, 08 Maret 2019 – 03:01 WIB KM Formosa 12 yang Hilang Kontak Ditemukan, 19 ABK Selamat - JPNN.com

jpnn.com, SIBOLGA - Kapal Motor (KM) Formosa 12 yang dilaporkan hilang kontrak di Perairan Pulau Pini, Kepulauan Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (5/3) lalu, akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan.

Sebanyak 19 anak buah kapal(ABK) telah berhasil dievakuasi KN SAR Yudhistira dari Pulau Tello dan tiba di Dermaga PPN Sibola, Kamis (7/3/2019) siang.

Dilansir dari akun resmi SAR Nasional (@sar_nasional), seluruh korban selamat telah dikembalikan kepada pemilik KM Formosa 12 dan keluarga korban.

Koordinator Pos SAR Nias, Tonggor Gultom, mengatakan, pencarian dilakukan secara maksimal dengan dibantu beberapa unsur Potensi SAR dan masyarat. Metode pencarian dilakukan dengan cara menyisir titik terakhir posisi kapal.

“KM Yudistira sandar di Pelabuhan Sibolga pada pukul 13.25 WIB,” kata Koordinator Pos SAR Nias, Tonggor Gultom, Kamis (7/3/2019).

Tonggor menambahkan begitu kapal sandar, pihaknya langsung melakukan serah terima para ABK kepada pihak keluarga.

“Dengan telah berhasilnya para korban ditemukan dengan selamat, kami usulkan agar operasi SAR ditutup. Unsur dan potensi SAR yang terlibat telah dikembalikan ke satuan masing-masing dengan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya,” pungkasnya.

Sebelumnya kecelakaan KM FORMOSA 12 yaitu kepala pencari ikan dengan rute dari Sibolga berlayar menuju Pulau Lambak pada Sabtu (2/3/2019) sekira pukul 06.00 WIB. Kejadian bermula ketika KM FORMOSA 12 berlayar dari Sibolga ke Pulau Lambak, cuaca pada saat itu hujan disertai angin kencang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...