KM Tidar Jadi Tempat Isoter, Panglima TNI Lontarkan Pujian

KM Tidar Jadi Tempat Isoter, Panglima TNI Lontarkan Pujian
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri) meninjau kesiapan KM Tidar sebagai salah satu tempat isolasi terpusat di Jayapura, Jumat (27/8/2021). ANTARA/HO-Puspen TNI

jpnn.com, JAYAPURA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau kesiapan Kapal Mesin (KM) Tidar yang kini dioperasikan menjadi salah satu tempat isolasi terpusat (isoter) di Jayapura, Papua.

Panglima memuji langkah yang diambil, apalagi kini KM Tidar telah memiliki tenaga kesehatan dan fasilitas yang cukup untuk merawat mereka yang kontak erat, suspek, atau pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan di Jayapura.

“Bagaimana kamarnya nyaman ya? Obatnya diminum ya? Semua harus semangat dan yakin akan sehat dan kembali berkumpul dengan keluarga di rumah."

"Ikuti aturan yang diterapkan oleh para dokter dan nakes (tenaga kesehatan),” ujar Panglima TNI pada seorang warga yang menjalani isolasi secara terpusat di KM Tidar, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (27/8).

KM Tidar merupakan salah satu kapal milik PT Pelni yang saat ini berlabuh di Pelabuhan Jayapura.

Kapal itu sejak pertengahan Agustus 2021 telah dialihkan fungsinya untuk menjadi tempat isolasi terpusat COVID-19 oleh pemerintah bersama TNI dan Polri.

Setidaknya ada 29 tenaga kesehatan yang bertugas merawat pasien di KM Tidar.

Mereka terdiri dari enam dokter, 12 perawat, satu ahli gizi, dua apoteker, empat sukarelawan dan empat analis.

Panglima TNI melontarkan pujian atas ide menjadikan KM Tidar menjadi salah satu tempat isolasi terpusat di Jayapura.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News