Segera ke Rumah Sakit Jika 3 Gejala Stroke ini Muncul

Segera ke Rumah Sakit Jika 3 Gejala Stroke ini Muncul
Ilustrasi - Vokalis Grup Band Elkasih, Noventino Budi Lesmana alias El Ibnu mengalami stroke sejak 15 Januari 2015. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Mursyid Bustami mengajak masyarakat mengenali tiga gejala stroke yang paling sering terjadi.

Menurut Direktur Utama di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta ini, gejala dimaksud umumnya terjadi secara mendadak.

Ketiga gejala stroke dimaksud adalah tidak simetrisnya wajah, menurunnya kekuatan salah satu anggota gerak tubuh dan terganggunya bicara.

"Gejala paling banyak yang dialami pasien stroke tidak simetrisnya wajah, menurunnya kekuatan dari salah satu anggota gerak dan bicara terganggu," ujar dr. Mursyid Bustami di Jakarta dalam sebuah virtual media briefing, Jumat (27/8).

Selain ketiga gejala ini, ada juga pasien yang merasa sakit kepala yang tidak biasa, sangat hebat diikuti penurunan kesadaran, pusing dan gangguan perilaku.

Mursyid yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) mengatakan bila gejala-gejala ini muncul maka pasien perlu segera mendapatkan penanganan tenaga medis.

Dia hanya memiliki waktu maksimal 4,5 jam sebelum kematian sel saraf terjadi atau hal-hal buruk lainnya termasuk kematian.

"Kalau ada gejala, terjadi mendadak atau akut, yang harus dilakukan harus pergi ke fasilitas kesehatan."

Jika anda menemukan anggota keluarga mengalami tiga gejala stroke ini, segera bawa ke rumah sakit.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News