KMP Yunicee Tenggelam Sekitar 1,65 Mil dari Pelabuhan Gilimanuk

KMP Yunicee Tenggelam Sekitar 1,65 Mil dari Pelabuhan Gilimanuk
Saat Danlanal Denpasar (tengah) Danlanal Banyuwangi (kiri) dan Komandan KRI Rigel-933 (kanan) menunjukkan penemuan jaket keselamatan dari KMP Yunicee di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (1/7/2021). (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

jpnn.com, DENPASAR - Lokasi tenggelamnya KMP Yunicee diketahui setelah dilakukan operasi pencarian dengan menggunakan KRI Rigel-933 dan sejumlah KRI lainnya.

"Dalam pelaksanaan SAR dengan KRI Rigel-933 di hari ketiga ini, TNI AL menemukan beberapa barang dan lokasi titik di dasar laut dari KMP Yunicee pasca-tenggelam di Perairan Selat Bali."

"Pencarian ini merupakan tugas dalam pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP)," ujar Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Kamis (1/7).

Dia mengatakan bahwa posisi KMP Yunicee telah ditemukan pada hari Kamis (1/7) pukul 01.30 WIB.

Ditemukan oleh KRI Rigel-933 berada di kedalaman 72 sampai 78 meter, dengan jarak kurang lebih 362 meter dari daratan terdekat dan kurang lebih 1,65 mil dari pelabuhan Gilimanuk.

KRI Rigel-933 diketahui dapat mendeteksi bawah air tiga dimensi.

Diperoleh beberapa gambar hasil side scan sonar sehingga tampilan yang diberikan untuk mencari KMP Yunicee bisa terlaksana dengan mendapatkan data kedalaman, posisi dan keadaan kapal saat ini.

TNI juga menurunkan tiga KRI yaitu KRI Rigel-933, KRI Soputan-923, KRI Singa-651 dengan posisi seluruh KRI berada di perairan selatan selat Bali.

TNI Angkatan Laut menemukan titik tenggelamnya KMP Yunicee, sekitar 1,65 mil dari Pelabuhan Gilimanuk.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News