Koalisi Aktivis Muda Bilang Menag Jangan Bikin Spekulasi soal Pernyataan Pilih Pemimpin

Koalisi Aktivis Muda Bilang Menag Jangan Bikin Spekulasi soal Pernyataan Pilih Pemimpin
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Menag Gus Yaqut. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, SURABAYA - Jubir Koordinator Nasional Koalisi Aktivis Muda Abeng Tarpuhawa meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak menimbulkan spekulasi soal pernyataan memilih pemimpin. 

Hal itu sebagai respons atas pernyataan Menag meminta para santri untuk tidak memilih calon presiden-calon wakil presiden yang cengengesan.

Pernyataan itu dilontarkan Gus Yaqut dalam seusai jalan sehat peringatan Hari Santri Nasional di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/10).

Abeng menyebutkan sebagai Menag, Gus Yaqut seharusnya tidak menyampaikan hal-hal yang membuat kontroversi di masyarakat Indonesia.

"Apalagi diacara yang mulia itu, apalagi acara tersebut dibiayai oleh anggaran APBN," kata Abeng dalam keterangannya, Sabtu (21/10).

Dia mengingatkan bahwa Yaqut sebagai Menteri Agama (Menag) RI diduga telah melanggar SE Menteri Agama No. 09 2023 : tentang pedoman ceramah keagamaan.

"Dia sangat tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri. Akhirnya banyak spekulasi masyarakat tentang pemimpin yang cengengesan," lanjutnya.

Abeng bahkan menduga-duga pernyataan Yaqut tersebut diarahkan ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Jubir Kornas Koalisi Aktivis Muda Abeng Tarpuhawa meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak menimbulkan spekulasi soal memilih pemimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News