Koalisi PDIP-Demokrat Bakal Mengubah Lanskap Politik Nasional, Ini 3 Alasannya

Koalisi PDIP-Demokrat Bakal Mengubah Lanskap Politik Nasional, Ini 3 Alasannya
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menghadiri acara peluncuran buku Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang berjudul Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theater, Kamis (10/8). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi antara PDIP dan Partai Demokrat dianggap sebagai langkah strategis yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Menurut Direktur SCL Taktika Konsultan Iqbal Themi ada tiga keuntungan besar yang bisa diperoleh dari kolaborasi ini.

Pertama, dalam lanskap politik, Demokrat akan memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Elektabilitas Ganjar Pranowo dari PDIP dianggap lebih unggul dibanding calon lain seperti Prabowo dan Anies. Jika PDIP berhasil menang, Demokrat memiliki kans untuk mendapatkan posisi strategis, misalnya pos menteri," ujar Iqbal dalam keterangannya, Selasa (5/9).

Sementara dari sisi PDIP, koalisi ini berfungsi sebagai penyeimbang terhadap kekuatan partai politik pengusung Prabowo.

PDIP juga akan mendapatkan keuntungan tambahan di wilayah Jawa Timur, di mana Partai Demokrat memiliki kekuatan elektoral yang signifikan.

Kedua, koalisi ini akan mempengaruhi opini publik secara positif.

"Karena selama hampir 20 tahun terakhir, PDIP dan Demokrat belum pernah berada dalam satu koalisi, ini akan memberikan pembelajaran politik bagi publik," kata Iqbal.

Direktur SCL Taktika Konsultan Iqbal Themi mengatakan ada tiga keuntungan besar yang bisa diperoleh dari kolaborasi Partai Demokrat dan PDIP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News