Koarmabar Laksanakan SAR KM Zahro Express

Koarmabar Laksanakan SAR KM Zahro Express
Unsur jajaran Koarmabar yang tergabung dalam Operasi SAR pencarian korban musibah KM Zahro Express melaksanakan SAR di perairan Pulau Seribu, Senin (2/1). FOTO: Dispen Koarmabar

jpnn.com - JPNN.com - Sejak peristiwa terbakarnya KM. Zahro Express pada hari Minggu 1 Januari 2017 di perairan Kepulauan Seribu, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, memerintahkan langsung kepada unsur-unsur jajaran Koarmabar untuk melaksanakan search and rescue (SAR) guna mengevakuasi dan mencari korban di perairan Kepulauan Seribu, Senin (2/1).

Unsur-unsur Koarmabar yang terlibat adalah Satuan Kapal Cepat Koarmabar (Satkat Koarmabar), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmabar (Satkopaska Koarmabar) dan Dinas Penyelamatan Bawah Air Koarmabar (Dislambair Koarmabar).

Hingga hari ke-2 pasca terjadinya musibah KM. Zahro Express, Koarmabar telah mengerahkan sembilan unsurnya terdiri dari dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Cakalang-852 dan KRI Barakuda-366.

Selain itu, dua Kapal Angkatan Laut (KAL) yaitu KAL Sanca dan KAL Kobra serta lima Patroli Keamanan Laut (Patkamla) yakni Patkamla Sunda Kelapa, Patkamla Ronin, Patkamla Mutiara, Patkamla Muara Baru serta Patkamla Untung Jawa.

Menurut siaran pers Kepala Dispenarmabar Mayor Laut (KH) Budi Amin, penumpang KM. Zahro Express berjumlah 184 orang sesuai data dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan rincian sebagai berikut Korban selamat 130 orang, korban meninggal di RS Polri sebanyak 22 orang dan di RS Cipto Mangunkusumo 1 orang. Sedangkan korban dirawat: di RS Atmajaya 22 orang, di antaranya 4 orang dirujuk ke RSPAD dan 1 orang ke RS Polri serta dirawat di RS PIK 2 orang dan RS Pluit 7 orang

Dalam pelaksanaan SAR pencarian korban musibah KM. Zahro Express unsur-unsur Koarmabar bergabung dengan unsur-unsur dari instansi lain. Di antaranya unsur Badan SAR Nasional (Basarnas), KPLP, Polairud dan kapal-kapal nelayan setempat.

JPNN.com - Sejak peristiwa terbakarnya KM. Zahro Express pada hari Minggu 1 Januari 2017 di perairan Kepulauan Seribu, Panglima Komando Armada RI


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News