Koarmada III TNI AL Lanjutkan Serbuan Vaksinasi Dosis Kedua Kepada Masyarakat Pulau Soop

Koarmada III TNI AL Lanjutkan Serbuan Vaksinasi Dosis Kedua Kepada Masyarakat Pulau Soop
Prajurit TNI AL melalui Koarmada III kembali melanjutkan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada masyarakat yang berdomisili di Pulau Soop, Papua Barat, Rabu (18/8/2021). Foto: Dispen Koarmada III

jpnn.com, SORONG - TNI AL melalui Komando Armada (Koarmada) III kembali melanjutkan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada masyarakat yang berdomisili di Pulau Soop, Papua Barat, Rabu (18/8/2021).

Sebelumnya, serbuan dosis pertama kepada masyarakat yang umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan ini digelar tanggal 18 Juli 2021 lalu.

Serbuan tersebut berlangsung seru, sejumlah prajurit dari Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasmar 3 menempuh perjalanan lewat laut selamat dua jam lebih awal guna mempersiapkan tempat, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dibutuhkan termasuk moda transportasi tenaga kesehatan dan masyarakat dari pulau ke pulau.

Para prajurit Koarmada III menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tornado bertolak dari dermaga Koarmada III Katapop menuju Pulau Soop mengangkut sarpras dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan.

Sementara prajurit Lantamal XIV dan Pasmar 3 menggunakan KAL Pintar dan dua unit Sea Rider bertolak dari dermaga Lantamal XIV Sorong, juga membawa semua peralatan yang dibutuhkan, antara lain sejumlah unit komputer, meja dan kursi, tenda lapangan, genset dan sejumlah peralatan lainnya.

Para prajurit berjibaku menggotong genset karena di pulau tersebut belum ada aliran lstrik.

Satu unit Sea Rider khusus mengangkut tenaga kesehatan, termasuk Vaksinator 50 orang dari Dermaga Lantamal XIV Sorong yang ditargetkan 500 orang tervaksin selama satu hari (Rabu 18 Agustus 2021), sesuai vaksinasi dosis pertama satu bulan yang lalu.

Menurut Pangkoarmada III bahwa sesuai perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Koarmada III terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan, yakni dosis pertama dilanjutkan dosis kedua mulai perkotaan, pesisir, hingga pulau-pulau kecil di daerah yang sulit terjangkau.

Prajurit TNI AL melalui Koarmada III kembali melanjutkan serbuan vaksinasi Covid-19 dosis kedua kepada masyarakat yang berdomisili di Pulau Soop, Papua Barat, Rabu (18/8/2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News