Kodam Cendrawasih Imbau Pengungsi Wamena Kembali ke Rumah

Kodam Cendrawasih Imbau Pengungsi Wamena Kembali ke Rumah
Suasana pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan gabungan dari Dinas Kesehatan dan TNI/Polri kepada pengungsi Wamena. Foto: Paminto Widodo/Antara News Papua/HO

jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto mengimbau warga Wamena yang masih mengungsi di 34 posko untuk kembali ke rumah masing-masing.

Imbauan ini disampaikan menyusul situasi dan kondisi sudah mulai kondusif dan perekonomian kembali normal pasca kerusuhan anarkistis di Papua sejak Senin (23/9) lalu.

"Pasca-kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, 23 september 2019, membuat belasan ribu warga mengungsi di 34 posko, namun setelah sepekan situasi dan kondisi di Wamena sudah mulai kondusif," kata Eko Daryanto di Jayapura, Kamis malam.

Mulai kondusifnya kota Wamena, kata dia, ditandai dengan sejumlah tempat usaha dan pasar tradisional mulai kembali dibuka.

Bahkan Pasar Wouma dan Jalan Irian yang berada di pusat kota Wamena terlihat sudah normal.

Aktivitas jual beli mama-mama Papua juga tampak sudah berjalan seperti biasanya, untuk itu pengungsi yang masih memiliki rumah bisa kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa. Warga diminta tidak perlu takut lagi karena keamanannya dijamin.

"Pemerintah KabupatenJayawijaya dan aparat TNI/Polri memberikan jaminan keamanan kepada seluruh warga Indonesia yang tinggal di Wamena untuk kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasanya," ujarnya.

Eko mengatakan, jumlah pengungsi Wamena yang mengungsi ke Jayapura sudah mencapai 8.000 orang lebih, sedangkan pengungsi yang masih ditampung di posko di Kota Wamena sekitar belasan ribu orang.

Jumlah pengungsi Wamena yang mengungsi ke Jayapura sudah mencapai 8.000 orang lebih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News