Kodam Kasuari: KSTB Bertindak Brutal kepada Rakyat, Wajib Kita Basmi

Kodam Kasuari: KSTB Bertindak Brutal kepada Rakyat, Wajib Kita Basmi
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari Letkol Inf Batara Alex Bulo. ANTARA/HO-Pendam XVIII/Kasuari

jpnn.com - MANOKWARI -  Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari mengutuk keras penyerangan yang dilakukan Kelompok Separatis Teroris Bersenjata (KSTB) terhadap rakyat sipil yang sedang mengerjakan proyek jalan Trans-Papua Barat. Dalam penyerangan di Kampung Mayerga, Distrik Maskona Utara, Kamis (29/9), itu, empat warga sipil meninggal dunia. 

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari Kolonel Inf. Batara Alex Bulo menyatakan ini makin membuktikan KSTB bertindak kian brutal kepada masyarakat. 

“Padalah mereka (rakyat) tidak bersenjata sama sekali. Mereka yang menjadi korban tersebut adalah masyarakat yang menjadi pekerja jalan Trans-Papua," kata Batara di Manokwari, Papua Barat, Jumat (30/9). 

Dia mengatakan bahwa proyek pembangunan jalan yang sedang dikerjakan tersebut demi kepentingan rakyat Papua, supaya mempermudah akses transportasi barang dan jasa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Kalau KSTB terus melakukan teror dan ancaman kepada masyarakat, berarti KSTB-lah sebenarnya yang melakukan pelanggaran HAM berat kepada masyarakat," ungkapnya. 

Batara mengingatkan KSTB agar tidak melakukan teror, ancaman, dan kekerasan terhadap masyarakat atau siapa pun. "KSTB juga merusak kondisi keamanan daerah karena melakukan teror dan ancaman kepada masyarakat, sehingga ini wajib untuk kita basmi," kata Batara.

Saat ini, Satuan Tugas Batalyon infanteri RK 136/TS melakukan pengejaran kepada KSTB. 

Selain itu, juga melakukan upaya pertolongan kepada masyarakat yang menjadi korban penembakan KSTB.

Kolonel Inf. Batara Alex Bulo menegaskan Kelompok Separatis Teroris Bersenjata (KSTB) telah bertindak kian brutal kepada masyarakat, dan wajib untuk dibasmi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News