Kodam Udayana Menyiapkan 5.580 Prajurit TNI untuk Pengamanan Nataru dan Pemilu

Kodam Udayana Menyiapkan 5.580 Prajurit TNI untuk Pengamanan Nataru dan Pemilu
Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra (kanan) dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi (kiri) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Mapolda Bali, Rabu (13/12/2023). ANTARA/HO-Penerangan Kodam IX/Udayana

jpnn.com - DENPASAR - Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menyatakan bahwa Kodam IX/Udayana menyiapkan 5.580 prajurit TNI untuk membantu serta memperkuat Kepolisian Daerah Bali dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut Mayjen TNI Harfendi, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan momen penting yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Terlebih lagi, momen ini juga bersamaan dengan tahapan kampanye Pemilu 2024.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu ada kerja sama, sinergi dan integrasi antara Polda Bali dan Pemprov Bali dengan Kodam IX/Udayana dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah dapat berjalan aman dan lancar.

"Kodam IX/Udayana menyiapkan 5.580 prajurit untuk membantu Polda Bali dalam melaksanakan kegiatan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta pelaksanaan Pemilu 2024," kata Mayjen TNI Harfendi saat menghadiri rapat koordinasi dengan Kapolda Bali Irjen  Ida Bagus Kade Putra Narendra di Mapolda Bali, Denpasar, Rabu (13/12).

Pangdam mengharapkan ke depan soliditas yang sudah terbangun selama ini dapat terus ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara karena pada 2024, Indonesia akan menyelenggarakan pemilu dan pilkada serentak.

"Semua pihak diharapkan terus menjaga semangat toleransi, Bhinneka Tunggal Ika dan persatuan bangsa dalam menyongsong gelaran Pemilihan Umum 2024," ungkap Mayjen TNI Harfendi.

Sementara, Irjen Kade Putra Narendra mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bagian penting guna memastikan keamanan masyarakat. “Kegiatan rakor ini menjadi wadah bagi kita untuk memantapkan komitmen bersama dan memastikan kesiapan instansi masing-masing dalam menyambut perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ujarnya.

Dia menyampaikan rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru dilaksanakan lebih awal,  sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dan melengkapi sarana prasarana yang akan digunakan.

Kodam IX/Udayana menyiapkan 5.580 prajurit TNI untuk membantu serta memperkuat Kepolisian Daerah Bali dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News