Kok Hanya Persebaya? Enam Klub yang Lain Bagaimana?

Kok Hanya Persebaya? Enam Klub yang Lain Bagaimana?
Bonek memperjuangkan pemulihan hak Persebaya. Foto: Miftah/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Tuntutan Bonek agar Persebaya Surabaya bisa tampil di kompetisi tahun depan mendekati kenyataan, setelah ada surat jaminan yang ditandatangani delapan Exco PSSI.

Namun, enam klub lainnya yang tergabung dalam Aliansi Klub Indonesia (AKSI), yakni Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Lampung FC, Persewangi Banyuwangi, Persema Malang, dan Persipasi Bekasi tidak mendapatkan hal serupa. Padahal, status enam klub tersebut sama dengan Persebaya, yakni sama-sama anggota AKSI.

''Selamat untuk Persebaya. Perjuangan mereka selama ini terbayar tuntas. Namun, saya kecewa dengan Exco PSSI,'' ujar koordinator AKSI Haris Fambudy kepada Jawa Pos kemarin (4/8). 

''Seharusnya, enam klub lain juga mendapat surat jaminan dari mereka. Padahal, di dalam KLB kemarin (3/8) wacana untuk memutihkan status tujuh klub sudah dicanangkan. Namun, mengapa hanya Persebaya?'' imbuh pria yang juga menjabat direktur operasional Arema Indonesia tersebut.

Masih menurut Haris, tindakan yang dilakukan Exco PSSI tersebut bisa memantik masalah baru. Yaitu, status enam klub-klub AKSI tersebut akan diombang-ambingkan lagi di KLB dua bulan mendatang.

Termasuk harus mendaftar lagi sebagai anggota baru dan memulai dari Liga Nusantara (Linus). Atau yang paling parah, bisa saja tidak jadi digaransi untuk diputihkan statusnya.

''Kami bertujuh masih termasuk anggota sah PSSI. Jadi, kami tidak ingin mengawali dari Linus. Toh, kalau benar tim kami bobrok, pasti akan tenggelam di Divisi Utama dengan sendirinya karena performa jelek,'' ujar Haris lagi. 

''Mereka (Exco PSSI, Red) akan memberi jawaban sepekan lagi terkait permintaan kami itu. Semoga hal tersebut benar adanya. Sebab, sudah seharusnya sepak bola nasional menjadi lebih sehat. Itu sesuai dengan titah presiden yang ingin merevolusi sepak bola,'' tegasnya.

SURABAYA – Tuntutan Bonek agar Persebaya Surabaya bisa tampil di kompetisi tahun depan mendekati kenyataan, setelah ada surat jaminan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News