Kok Kenaikan THR PNS Jelang Pilpres? Begini Jawab Asman

Kok Kenaikan THR PNS Jelang Pilpres? Begini Jawab Asman
Menkeu Sri Mulyani (kanan) dan Menpan RB Asman Abnur saat konpers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menepis kecurigaan kenaikan THR PNS tahun 2018, termasuk bagi pensiunan, dianggap bernuansa politis jelang Pilpres 2019.

"Kalau saya melihatnya dari kinerja. Kan kalau yang membelok-belokkan ya terserah. Yang penting tidak ada hubungan sama sekali (dengan politik). Kami mengacu pada kinerja ASN," kata Asman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5).

Dijelaskan Asman, peningkatan kinerja ASN menjadi alasan pemerintah menaikkan komponen THR, termasuk buat pensiun. Artinya THR tersebut sebagai reward bagi PNS. Sedangkan bagi pensiunan sebagai bentu apresiasi dari pemerintah.

"Ini reward untuk ASN. Karena hasil LAKIP (laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah) itu naik signifikan. Luar biasa," jelas mantan politikus Senayan ini.

Asman berharap dengan adanya reward tersebut, para ASN ke depan menjadi tertantang untuk membuktikan bahwa kinerja mereka bisa diandalkan.

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan bahwa THR PNS untuk tahun ini dibayarkan tidak hanya dalam bentuk gaji pokok namun termasuk di dalamnya tunjangan keluarga, tunjangan tambahan, dan tunjangan kinerja.

“Dengan demikian PNS akan mendapat THR hampir sama seperti take home pay mereka satu bulan," ucap Sri. (fat/jpnn)


THR PNS tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun lalu, karena besarannya tidak hanya gaji pokok, namun juga termasuk tunjangan-tunjangan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News