Kolaborasi Gojek dan Bank Jago Berpotensi jadi Bank Digital

Kolaborasi Gojek dan Bank Jago Berpotensi jadi Bank Digital
Gojek. Ilustrai foto: Natalia

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Gojek menjadi bagian dari PT Bank Jago Tbk diyakini akan menghasilkan layanan finansial yang lebih universal melalui digital bank.

Diharapkan akan menjadi pendorong meningkatnya akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

“Menurut saya, ini merupakan strategi bisnis yang akan mendorong inklusi keuangan. Memang nanti yang akan berperan banyak adalah GoPay. Karena daya jangkau GoPay sudah mencapai 200 kabupaten lebih,” ungkap Ekonom Digital LPEM FEB Universitas Indonesia (UI) Chaikal Nuryakin Ph.D., kepada wartawan, Senin (21/12).

Chaikal mengatakan, daya jangkau dan teknologi GoPay memungkinkan untuk terjadinya percepatan inklusi keuangan dimaksud.

Hanya saja, sejauh ini terdapat keterbatasan karena terbentur regulasi sehubungan dengan GoPay bukan lah merupakan institusi perbankan.

”(Dengan masuknya ke Bank Jago, red) Gojek akan jadi lebih mudah untuk mengakses layanan perbankan yang sebelumnya mereka tidak bisa karena terbentur perizinan. Sekarang dengan ada Bank Jago mereka bisa,” tegasnya.

Bank Jago sendiri akan meraih manfaat besar dari kehadiran Gojek. Terutama dari sisi transfer teknologi. ”Bank Jago juga jadi lebih mudah untuk mendigitalisasi layanannya,” terusnya.

Meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia merupakan hal penting saat ini. Hal tersebut juga yang menjadi konsentrasi regulator terutama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) supaya masyarakat dari berbagai lapisan bisa lebih melek terhadap akses keuangan yang baik.

Kolaborasi Gojek bersama Bank Jago dinilai sangat potensial menjadi bank digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News