Kolaborasi Pemda dan Bea Cukai Jadi Kunci Suksesnya Ekspor

Kolaborasi Pemda dan Bea Cukai Jadi Kunci Suksesnya Ekspor
Bea Cukai bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memajukan UMKM tanah air. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Cirebon, Gresik, Bandar Lampung, dan Yogyakarta berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan sosialisasi dan asistensi ekspor kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berorientasi ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan di Cirebon, Bea Cukai melakukan sosialisasi ekspor di aula Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon.

Hal itu dilakukan dalam forum bisnis Half Day Export Class: Mengenal Kemudahan Ekspor Dalam Melebarkan Sayap Bisnis. 

Kegiatan ini dihadiri 15 pelaku UMKM di wilayah Kota Cirebon dan ingin mengetahui cara melakukan ekspor dan impor.

“Bea Cukai Cirebon memaparkan materi tentang prosedur ekspor-impor, khususnya secara administratif kepabeanan,” kata Hatta.

Kegiatan serupa dilaksanakan Bea Cukai Lampung bersama Balai Pendidikan dan Pelatihan Koperasi UMKM Lampung dengan mengadakan sosialisasi prosedur pelaksanaan kegiatan ekspor barang bagi UMKM kepada pegiat di Provinsi Lampung.

Petugas Bea Cukai memberikan pembekalan materi tentang fasilitas kemudahan ekspor bagi UMKM-IKM, materi tata laksana ekspor, barang lartas, dan pengenaan bea keluar.

Bea Cukai Yogyakarta menyelenggarakan Diklat Pengenalan Bisnis Ekspor untuk para pengusaha UKM yang tergabung dalam SiBakul bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah D.I Yogyakarta. 

Bea Cukai dan pemerintah daerah berkolaborasi untuk menyukseskan ekspor di beberapa daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News