Komandan Pemberontak Pro-Rusia: Jangan Melintas di Langit Kami

Komandan Pemberontak Pro-Rusia: Jangan Melintas di Langit Kami
Pemimpin pemberontak Pro-Rusia Igor Girkin. FOTO: Ist

jpnn.com - INDIKASI jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 karena diroket oleh  pemerontak Ukraina Pro-Russia yang menguasai wilayah Donetsk Kamis (17/7) semakin menguat. Pasalnya, beberapa jam sebelum pesawat yang mengangkut 295 orang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur komandan pemberontak Igor Girkin mengunggah pernyataan yang mengejutkan di akun facebook versi Rusia VK.com. 

"Kami ingatkan kalian, jangan melintas di langit kami!" ujar Igor. 

Meski pernyataan itu tidak bisa dikaitkan langsung bahwa pemberontak adalah pihak yang menembak jatuh MH17, namun bisa jadi itu adalah sebuah petunjuk.

Apalagi dalam beberapa bulan terakhir kelompok separatis itu mengklaim menembak jatuh sejumlah pesawat militer Ukraina. 

Bahkan menurut media setempat pemberontak itu berbekal Man-Portable Air Defense System (MANPADS). 

Terakhir pada 13 Juni, separatis menembak jatuh sebuah pesawat angkut Ukraina yang telah membawa 40 pasukan payung dan sembilan awak. 

Bahkan untuk meyakinkan bahwa pihaknya sukses menjatuhkan pesawat Ukraina, dalam akun VK.com dia menuliskan, "Pesawat baru saja jatuh di suatu tempat sekitar Torez, di belakang tambang."

Nah, bisa jadi para pemberontak itu meroket Malaysia Airlines MH17 karena mengira itu adalah pesawat militer Ukraina yang selama ini jadi sasaran mereka. (mas/jpnn)

INDIKASI jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 karena diroket oleh  pemerontak Ukraina Pro-Russia yang menguasai wilayah Donetsk Kamis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News