Jumat, 16 November 2018 – 03:52 WIB

Komentar Nyinyir Amien Rais Berdampak Negatif bagi PAN

Sabtu, 03 November 2018 – 22:19 WIB
Komentar Nyinyir Amien Rais Berdampak Negatif bagi PAN - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Survei menunjukkan elektabilitas PAN saat ini masih belum menggembirakan. Partai pimpinan Zulkifli Hasan itu terancam tidak bisa kembali menempatkan kadernya di parlemen periode mendatang.

Peneliti LSI Denny JA, Adji Al-Faraby menilai Amien Rais merupakan salah satu penyebab partai matahari putih itu terpuruk. Komentar-komentar nyinyir Ketua Dewan Kehormatan PAN itu tidak memberikan dampak positif bagi partai.

“Kita lihat kritik-kritik Pak Amien tidak produktif juga untuk PAN, artinya dari sisi elektoral PAN. Buktinya sejauh ini Pak Amien sosok yang paling getol mengkritik pemerintah. Menurut saya tidak produktif komentar-komentar Pak Amien,” kata Adji kepada wartawan, Sabtu (3/11).

Sikap Amien Rais yang makin hari makin keras memang membuat hubungan PAN dengan pemerintah jadi renggang hingga tak bisa diperbaiki lagi. Sampai-sampai, Asman Abnur, satu-satunya kader PAN di kabinet, dicopot Presiden Joko Widodo pada Agustus lalu.

Bukan tidak mungkin, banyaknya kader PAN yang tersangkut kasus korupsi belakangan ini, merupakan imbas dari kritik Amien. Contohnya, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Gubernur Jambi Zumi Zola dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

Menurut Adji, sikap yang diperlihatkan Amien Rais selaku mantan Ketua Umum PAN memang lebih searah dengan sikap kubu oposisi. Apalagi, posisi partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini kalau dilihat sebetulnya tidak jelas.

“Kalau menurut saya memang sikap Pak Amien ini kan searah dengan sikap oposisi, artinya dia mengkritik pemerintah karena posisinya berhadapan dengan petahana untuk saat ini,” ujarnya. (dil/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar