Komet Ison Muncul Akhir Tahun Ini

Komet Ison Muncul Akhir Tahun Ini
Komet Ison Muncul Akhir Tahun Ini
PASADENA--Para astronom menantikan kedatangan Komet ISON yang diperkirakan muncul akhir tahun ini. Seperti komet-komet lainnya, bongkahan batu dan es ini mengikuti orbit panjang dan berbentuk elips sekitar matahari.

Seperti komet lainnya, saat komet ini mendekati matahari tahun ini, ekornya yang terbentuk dari debu dan uap akan menangkap sinar matahari. Kemudian menjadikannya ekor yang panjang dan bercahaya. Banyak astronom yang memperkirakan bahwa saat benda langit ini terlihat akhir tahun ini, ia akan menjadi 'komet abad ini.'

Komet ISON ditemukan pada 21 September 2012 oleh dua astronom amatir di Rusia, menggunakan teleskop bayangan di sebuah observatorium Jaringan Optik Ilmiah Internasional. Kedua orang itu kemudian menamakan komik itu sesuai dengan singkatan nama jaringan, ISON. Nama resminya adalah C/2012 S1.

Seperti dilansir universetoday (20/5), NASA melalui teleskop Hubble Space Telescope memberikan tampilan close-up dari Komet Ison (C/2012 S1), seperti yang difoto pada 10 April lalu. Ketika itu posisi komet sedikit lebih dekat daripada orbit Jupiter pada jarak sekitar 386 juta mil dari matahari.

PASADENA--Para astronom menantikan kedatangan Komet ISON yang diperkirakan muncul akhir tahun ini. Seperti komet-komet lainnya, bongkahan batu dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News