Kominfo: Transformasi Digital Klinik, Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan

Kominfo: Transformasi Digital Klinik, Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan
Webinar transformasi manajemen klinik di era digital. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar webinar untuk tenaga kesehatan bertema Webinar Transformasi Manajemen Klinik di Era Digital.

Kegiatan yang digelar secara daring ini merupakan kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Asosiasi Healthtech Indonesia dan didukung oleh Kementerian Kesehatan dan PERKLIN.

Untuk mempermudah akses layanan kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan berbagai upaya transformasi di sektor kesehatan.

"Salah satunya adalah penguatan infrastruktur telekomunikasi sehingga masyarakat Indonesia mendapatkan akses internet yang merata dalam pemanfaatan layanan kesehatan digital, termasuk telemedicine dan on-demand healthcare," ujar Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, I Nyoman Adhiarna, Sabtu (22/10).

Dikatakan Nyoman, sumber daya manusia kesehatan khususnya yang bertugas di fasilitas kesehatan memiliki peran penting untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, serta harus mempersiapkan diri untuk menghadapi transformasi digital.

"Oleh karena itu, Kominfo juga terus memperkuat kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait terutama dalam meningkatkan adopsi teknologi digital melalui berbagai inisiatif pemanfaatan teknologi digital termasuk peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam mengembangkan kompetensi digital," katanya.

Sementara itu, Sunuhardo, Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha Klinik Indonesia (PERKLIN) menuturkan penerapan digitalisasi khususnya di bidang kesehatan untuk lebih efisien dan sehat sudah menjadi kebutuhan apalagi semenjak pandemi Covid-19 terjadi.

Menurutnya, organisasi klinik jika ingin bergerak maju harus mengadopsi teknologi digital.

Kominfo kembali menggelar webinar untuk tenaga kesehatan bertema Webinar Transformasi Manajemen Klinik di Era Digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News