Komisi IX DPR Dukung Strategi Jokowi Perkuat Arsitektur Kesehatan Global

Komisi IX DPR Dukung Strategi Jokowi Perkuat Arsitektur Kesehatan Global
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendukung langkah Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang telah mencanangkan penguatan arsitektur kesehatan global.

Hal itu yang menjadi salah satu poin utama dalam Presidensi G20 di Bali.

“Saya kira kita setuju, belajar dari ujian kemanusiaan secara global. Ini menunjukkan pandemi tidak bisa diselesaikan oleh satu negara, butuh kegotongroyongan, butuh kerja sama semua pihak,” kata Rahmad Handoyo, Sabtu (31/12).

Menurut Rahmad Handoto, Presiden Jokowi mendorong penguatan arsitektur kesehatan global. Hal itu menjadi satu dari tiga sektor prioritas yang menjadi kunci bagi pemulihan yang kuat dan berkelanjutan, yakni transformasi digital dan transisi energi.

Politikus PDIP itu mengatakan dalam penanganan satu pandemi tidak hanya dilakukan oleh satu negara, tetapi seluruh negara.

Sebab, krisis pandemi ini sangat berdampak, baik kesehatan maupun ekonomi satu negara.

“Untuk itu butuh kolaborasi, butuh struktur industri farmasi yang berkeadilan, penuh kerja sama sehingga tidak hanya dikuasai oleh industri-industri besar, dan tidak semata-mata industri farmasi, yang hanya untuk mencari mendapatkan keuntungan,” katanya.

Menurut dia, perlu kolaborasi dengan mempertimkang struktur keadilan dalam industri farmasi secara global, termasuk di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendukung langkah Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang telah mencanangkan penguatan arsitektur kesehatan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News