Komisi X Ingatkan Kemendikbud Berhati-hati Cari Mitra Penyedia Subsidi Pulsa

Komisi X Ingatkan Kemendikbud Berhati-hati Cari Mitra Penyedia Subsidi Pulsa
Ilustrasi belajar daring selama pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan Kemendikbud memberikan subsidi pulsa bagi guru dan siswa diapresiasi Komisi X DPR RI.

Namun, Kemendikbud diminta berhati-hati mencari mitra untuk pengadaan kuota internet.

"Bantuan kuota internet 35 GB per bulan untuk siswa dan 42 GB bagi guru bisa meringankan beban pendidik dan peserta didik dalam membeli pulsa atau kuota data selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng Pramestuti di Jakarta, Selasa (1/9).

Dia menjelaskan, bantuan paket pulsa kepada siswa dalam masa PJJ merupakan respons atas permintaan masyarakat  yang disampaikan kepada komisi X DPR RI, dalam Rapat 2 Panja PJJ.

Komisi X DPR RI menyambut baik kebijakan tersebut dan meyakini bahwa akan berdampak positif bagi siswa dan guru.

"Kendati demikian harus diingat dalam memilih operator, pemerintah harus memilih yang sudah teruji dengan jangkauan jaringan internet kuat dan stabil, juga sistem yang baik agar proses belajar dapat berjalan lancar," terangnya.

Oleh jarena itu, Kemendikbud dinilai perlu bermitra dengan operator telekomunikasi dengan sistem yang baik, jangkauan luas dan kualitas terjamin agar hasilnya optimal.

Salah satu operator yang memiliki jaringan terluas saat ini di antaranya Telkomsel, dengan infrastruktur jaringan lebih dari 228.000 BTS di 95 persen wilayah Indonesia.

Pimpinan Komisi X DPR RI meminta Kemendikbud berhati-hati menggandeng mitra penyedia jasa telekomunikasi dalam program subsidi kuota internet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News