Komisi X Minta Pemerintah Memperketat Pengamanan Asian Games

Komisi X Minta Pemerintah Memperketat Pengamanan Asian Games
Sutan Adil Hendra. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta pemerintah untuk memperketat pengamanan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Sumatera Selatan pada Agustus 2018 mendatang. Hal ini menyusul aksi teror bom yang marak terjadi di beberapa wilayah Indonesia, akhir-akhir ini.

“Maraknya teror bom membuat kita harus lebih waspada, jangan sampai kita kecolongan. Karena jika sampai Asian Games ini ada insiden bom, tentu akan mencoreng nama Indonesia di dunia internasional. Untuk itu saya meminta kepada Inasgoc, selaku panitia Asian Games, untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan,” kata Sutan di sela-sela rapat kerja dengan Menpora dan Inasgoc di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Menurut politikus Partai Gerindra itu, faktor keamanan merupakan hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games. Pasalnya, pesta olahraga terbesar se-Asia itu berpotensi menjadi sarana untuk menjalankan aksi terorisme.

Karena itu, Indonesia sebagai tuan rumah harus meningkatkan kewaspadaan. Namun di sisi lain, Sutan yakin Polri, TNI maupun aparat keamanan terkait lainnya bisa melakukan tugasnya secara baik.

“Dalam hal ini, saya pikir kita percaya akan profesionalitas Polri maupun TNI dalam melakukan pengamanan. Tinggal bagaimana kita, khususnya Inasgoc bisa berkoordinasi secara baik dalam mengantisipasi aksi teror yang mungkin terjadi,” imbuh Sutan.

Menurut Sutan, penyelenggaraan Asian Games 2018 bukan hanya masalah sukses atau tidak, tetapi menyangkut aspek kepercayaan internasional. Jika Asian Games berjalan sukses, maka akan memicu investasi, perputaran ekonomi, pariwisata dan kesemuanya membutuhkan kondisi keamanan yang terjaga.

“Kita percayakan ini pada Polri, TNI maupun aparat terkait lainnya, sehingga Asian Games 2018 menjadi momentum kebangkitan bangsa melalui event olahraga,” kata politikus dari dapil Jambi itu.(adv/jpnn)


Menurut Sutan Adil Hendra, faktor keamanan merupakan hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dan panitia penyelenggara Asian Games.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News