Komite Partai Hijau Indonesia Dukung Pemerintahan Baru Perancis

Komite Partai Hijau Indonesia Dukung Pemerintahan Baru Perancis
Komite Partai Hijau Indonesia Dukung Pemerintahan Baru Perancis
JAKARTA - Komite Partai Hijau Indonesia menyatakan dukungan atas kemenangan Francois Hollande sebagai Presiden Perancis yang berasal dari Partai Sosialis. Juru bicara Komite Partai Hijau Indonesia Berry Nahdian Forqan menyatakan pihaknya menaruh harapan pada Partai Sosialis Perancis akan memimpin perubahan atas model kepemimpinan global yang selama ini memiskinkan rakyat dan menciptakan ketidakseimbangan ekonomi di tingkat global maupun nasional. Hadirnya Francois Hollande, kata Berry diharapkan bisa membawa masyarakat  menuju tatanan dunia baru yang lebih adil dan berkelanjutan-ramah lingkungan.  

“Kami mendukung pemerintahan baru Perancis, komitmen beliau untuk menyelesaikan krisis yang saat ini terjadi di Eropa  dan menghargai keberadaan bangsa-bangsa lain di Dunia adalah komitmen yang harus dihormati. Namun tentu saja penyelesaian krisis di Eropa tidak boleh membebani ekonomi negara-negara berkembang seperti Indonesia," kata Berry dalam siaran persnya yang diterima JPNN, Rabu (9/5).

Berry juga  menyampaikan bahwa pihaknya tetap mengingatkan publik Perancis tidak terjebak pada eforia kemenangan Partai Sosialis atas kelompok konservatif. Namun, imbuh dia, masyarakat Perancis diharapkan tetap waspada dan kritis atas kemungkinan kebijakan yang tidak berubah dari poros neoliberal.

Berry menambahkan, Hollande sebagai seorang sosialis sudah sepatutnya mendorong perubahan pola produksi dan konsumsi negara-negara maju, khususnya yang tergabung dalam G8. Moment yang paling pas untuk memulainya adalah G8 Summit yang akan dilaksanakan pada 18-19 Mei di Amerika Serikat nanti. "Selama ini kerakusan negara-negara industri maju terkait konsumsi energy dan ekstraksi sumberdaya alam telah membuahkan kemiskisnan di negara berkembang dan krisis iklim di dunia," tambah mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) itu.

JAKARTA - Komite Partai Hijau Indonesia menyatakan dukungan atas kemenangan Francois Hollande sebagai Presiden Perancis yang berasal dari Partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News