Komnas HAM Putar Rekaman CCTV Detik-detik Penangkapan Dokter Sunardi, Sempat Baku Kejar

Komnas HAM Putar Rekaman CCTV Detik-detik Penangkapan Dokter Sunardi, Sempat Baku Kejar
Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Jakarta. Ilustrasi Foto: Antara/Muhammad Zulfikar

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memperlihatkan video rekaman closed circuit television (CCTV) tentang detik-detik penangkapan Dokter Sunardi (54) oleh Densus 88 Antiteror Polri di Sukoharjo, Jawa Tengah pada Rabu (9/3) malam.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan sebuah rekaman CCTV memperlihatkan mobil kabin ganda (double cabin) berwarna putih yang diduga dikemudikan Sunardi. Klip itu menunjukkan mobil tersebut melaju sendirian.

"Memang awalnya enggak ada petugas. Ini masih dalami apa dipastikan bahwa isinya Dokter Sunardi," kata Anam dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun Humas Komnas HAM di YouTube, Rabu (16/3).

Rekaman lainnya memperlihatkan dua orang menaiki bak belakang mobil kabin ganda yang dikendarai Sunardi. Kedua orang itu merupakan anggota Densus 88.

"Dua orang di double cabin itulah yang anggota (Densus 88)," kata Anam.

Sempat ada tabrakan pertama sebelum personel Densus 88 naik ke mobil Sunardi. Awalnya anggota detasemen berlogo burung hantu itu meminta Sunardi menghentikan mobilnya yang melaju kencang. 

Namun, Sunardi mengabaikan permintaan itu sehingga petugas memberikan tembakan peringatan. Mobil yang dikendarai buronan Densus 88 itu menabrak kendaraan polisi.

Tabrakan itu menghentikan laju mobil Sunardi. Saat itulah polisi menunjukkan surat penangkapan.

Komnas HAM menunjukkan rekaman CCTV proses penangkapan dr Sunardi. Kejar-kejaran antarpolisi dan Sunardi berlangsung dramatis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News