Komnas HAM Siapkan Langkah Khusus

Komnas HAM Siapkan Langkah Khusus
Komnas HAM Siapkan Langkah Khusus
JAKARTA-Dalam waktu dekat Komnas HAM akan menyiapkan langkah-langkah khusus terkait dengan penolakan uji material yang diajukan Amrozi cs kepada Mahkamah Konstitusi (MK). “Hari Selasa besok kami akan membahas topik hukuman mati ini secara luas, berikut langkah teknis ke depan mengenai penundaan eksekusi Amrozi cs,” kata Anggota komisioner Komnas HAM Nur Cholis.

jpnn.com - Langkah riil ini sekaligus merumuskan penghapusan hukuman mati secara umum. Sementara untuk permintaan penundaan eksekusi atas Amrozi cs, merupakan langkah jangka pendek yang dilakukan pihak Komnas HAM.”Jangka panjangnya adalah perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP,Red) terkait dengan penghapusan hukuman mati,” tambahnya.

Berdasarkan penolakan dari MK ini, Komnas HAM menilai seharusnya pihak MK bersikap moderat terhadap uji material yang diajukan terpidana mati Amrozi cs. “MK harusnya menjelaskan pertimbangan seperti apa yang melandasi uji material yang dilakukan Amrozi cs, tidak bisa menunda pelaksanaan eksekusi mereka,” kata Cholis sembari menegaskan selama ini pihaknya selalu menyarankan agar seluruh proses hukum diselesaikan terlebih dahulu, baru eksekusi dilaksanakan.(rie/JPNN)




Berita Selanjutnya:
Kedutaan AS Didemo HTI

JAKARTA-Dalam waktu dekat Komnas HAM akan menyiapkan langkah-langkah khusus terkait dengan penolakan uji material yang diajukan Amrozi cs kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News