Komnas HAM Turunkan Tim ke Aceh

Komnas HAM Turunkan Tim ke Aceh
Komnas HAM Turunkan Tim ke Aceh

jpnn.com - JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Azazi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigay mengatakan, lembaganya sudah menurunkan tim ke Aceh guna pemantauan dan penyelidikan konflik kekerasan di daerah itu.

"Khusus Aceh, hari ini (Kamis, 27/3) tim Komnas HAM sudah turun ke Aceh dipimpin DR Otto Nurabdullah, untuk melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap kasus-kasus yang terjadi," kata Natalius Pigay di Jakarta, Kamis (27/3).

Jelang Pemilu tahun ini, diakui Pigay Komnas HAM menerima banyak pengaduan, mencapai 7.200 aduan. Jumlah ini lebih banyak dibanding lima tahun lalu yang hanya 5.000 pengaduan.

Karena itu, untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu tahun ini, Komnas HAM sudah membentuk pengawas pemilu dengan penyelenggara untuk menjamin Pemilu berjalan baik.

"Right to vote, kedua hak dipilih, ketiga bebas, tidak ada diskriminasi dan potensi pengamanan konflik. Inilah yang menjadi domain Komnas HAM sesuai human rights of election," jelasnya.

Ditambahkan, dalam persiapan Pemilu tahun ini, pihaknya mengklaim sudah melakukan banyak hal, termasuk salah satunya mengontrol penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu oleh KPU.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Azazi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigay mengatakan, lembaganya sudah menurunkan tim ke Aceh guna pemantauan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News