Komnas Perlindungan Anak dan Kartini Milenial Dorong Pelabelan BPA

Komnas Perlindungan Anak dan Kartini Milenial Dorong Pelabelan BPA
Komnas Perlindungan Anak bersama Kartini Milenial dalam dialog ilmiah soal BPA. Foto: Komnas Perllindungan Anak

jpnn.com, JAKARTA - Komnas Perlindungan Anak Indoensia tetap konsisten memperjuangkan hak hidup anak untuk bisa tumbuh kembang secara sehat.

Salah satunya dengan memperjuangkan agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melabeli kemasan plastik mengandung bisphenol A (BPA).

Menurut Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, BPOM telah bersikap proaktif dan sangat mendengarkan masukan dari masyarakat.

BPOM telah merampungkan rancangan Perubahan Kedua atas Perka No 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan. Namun, hingga saat ini belum juga ditandatangani.

"Konon Kemenko Ekonomi mengintervensi Sekretaris Kabinet sehingga presiden belum menandatangani," kata Arist Merdeka, dalam Dialog Ilmiah Demi Anak Anak Indonesia Terbebas dari Kemasan BPA belum lama ini.

Arist Merdeka juga menegaskan bahwa perjuangan Komnas Perlindungan Anak tidak terkait dengan persaingan usaha AMDK seperti yang dituduhkan oleh beberapa pihak.

"Kami memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu tentang bahaya BPA karena cukup berbahaya, Kami lebih ingin menyelamatkan anak-anak," kata Arist.

Keyakinan Arist tentang bahaya BPA pada galon guna ulang polycarbonat makin diperkuat oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Umum Indonesia dr Hartati B Bangsa.

Komnas Perlindungan Anak bersama Kartini Milenial mendorong pemerintah melalui BPOM segera melakuan pelabelan wadah plastik mengandung BPA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News