Komodo Terkam Dua Staf BTNK

Komodo Terkam Dua Staf BTNK
Komodo Terkam Dua Staf BTNK
LABUAN BAJO–Binatang reptile yang sudah menjadi keajaiban dunia, Komodo menerkam dua orang staf Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Selasa (5/2) lalu sekira pukul 13.00 Wita di Loh Buaya, Pulau Rinca. Kedua staf BTNK itu adalah Ahmad Ma’in (50), staf polisi kehutanan dan Usman Li (35), seharian bekerja sebagai karyawan koperasi. Kedua staf kini sedang dalam penanganan medis Puskesmas Labuan Bajo.

Kepala BTNK Labuan Bajo, Sustyo Iriyono ketika dikonfirmasi Timor Express (Grup JPNN), Rabu (6/2) menjelaskan kronologis kejadian saat Ahmad Ma’in sedang bekerja sendiri di dalam kantor atau Front Office Loh Buaya karena teman-temannya yang lain sedang istirahat untuk makan siang. Tanpa disadari ada seekor komodo ukuran sedang sekira dua meter masuk. Secara spontan Ma’in naik ke atas meja sambil berteriak minta tolong. Karena panik dan terus berteriak, komodo terus mendekatinya.

Saat Ma’in hendak melompat dan berlari, komodo lebih cepat menyambar kaki kirinya. Selanjutnya terjadi tarik-menarik. Mendengar teriakan, Usman Li bergegas memberikan pertolongan dengan menarik ekor komodo. Namun, tiba-tiba komodo berbalik dan menyerang Usman Li pada kaki kirinya. Lagi-lagi terjadi tarik-menarik.

Sebelum melepaskan kaki kiri Usman Li, komodo sempat menggigit di tiga tempat berbeda. “Saudara Ma’in trauma karena komodo pernah menggigitnya empat tahun lalu yakni pada 22 Februari 2009. Komodo adalah binatang yang sensitif terhadap teriakan dan gerakan tiba-tiba,” jelasnya.

Dia melanjutkan, kedua korban telah dievakuasi dengan speed BTNK untuk mendapatkan perawatan sementara di Puskesmas Labuan Bajo. Menurut rencana, lanjut dia, keduanya akan dibawah ke Rumah Sakit Sanglah Denpasar, Bali guna mendapatkan perawatan intensif. Tidak hanya itu, Iriyono juga berupaya agar keduanya menggunakan fasilitas Askes maupun keikutsertaan Asuransi yang selama ini BTNK usahakan.

LABUAN BAJO–Binatang reptile yang sudah menjadi keajaiban dunia, Komodo menerkam dua orang staf Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News