Komplikasi Psoriasis Bisa Berakibat Fatal

Komplikasi Psoriasis Bisa Berakibat Fatal
Penyakit Psoriasis. Foto Flystock/Shutterstock

jpnn.com - Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang bagian kulit, dan merupakan penyakit kronis yang bisa hilang timbul atau bersifat kambuhan. Bisa dibilang, penyakit ini juga cukup umum terjadi.

Meski begitu, Anda sama sekali tak boleh meremehkan psoriasis. Sebab, komplikasi yang ditimbulkannya bisa berakibat fatal. 

Psoriasis, tanda dan gejalanya
Psoriasis ditandai dengan siklus kehidupan sel-sel kulit yang lebih cepat dari biasanya, yakni dalam jangka waktu harian, bukan bulanan seperti seharusnya.

Akibatnya, sel kulit baru akan bertumpuk dengan sel kulit lama pada permukaan kulit, sehingga tampak seperti lapisan tebal yang membentuk bercak merah dan bersisik. Selain itu, dapat disertai juga dengan sensasi gatal dan terkadang rasa nyeri.

Tanda dan gejala psoriasis yang sering terjadi, antara lain:

  • Bercak merah yang ditutupi sisik tebal keperakan
  • Bintik kecil yang bersisik (lebih sering pada anak-anak)
  • Kulit yang kering, pecah, dan terkadang mengalami perdarahan
  • Rasa gatal, terbakar, atau nyeri
  • Kuku yang menebal, berlubang, atau bergerigi
  • Sendi yang bengkak dan kaku

Psoriasis dibagi menjadi beberapa tipe. Akan tetapi, sebagian besar tipe psoriasis memiliki siklus kambuh selama beberapa minggu atau bulan, sebelum kemudian mereda untuk sementara waktu atau bahkan mengalami remisi total.

Hingga kini, penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, penyebabnya diduga kuat terkait dengan masalah sistem kekebalan tubuh.

Begitu juga dengan pengobatannya, hingga kini belum ada yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Terapi penyakit ini lebih bertujuan untuk mengendalikan gejala dan keluhan yang dialami penderita, serta menghentikan sel-sel kulit yang tumbuh dengan cepat dan mengurangi risiko akibat peradangan yang terjadi.

Komplikasi psoriasis

Anda sama sekali tak boleh meremehkan psoriasis. Sebab, komplikasi yang ditimbulkannya bisa berakibat fatal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News