Jagalah Berat Badan Anda jika Memiliki Psoriasis

Jagalah Berat Badan Anda jika Memiliki Psoriasis
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Jika Anda memiliki psoriasis, Anda sudah tahu bahwa strategi gaya hidup pintar (seperti mengelola stres, tidak menggunakan sabun yang bersifat keras dan menghindari makanan tertentu) bisa membantu menjaga gejala psoriasis tidak muncul kembali.

Tapi ada satu hal yang paling penting yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan kulit Anda, yakni menjaga berat badan Anda tetap normal.

Berikut ini beberapa alasan mengapa begitu penting untuk pasien psoriasis untuk menjaga berat badan mereka.

1. Penurunan berat badan bisa membantu memperbaiki gejala psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari tubuh (kulit).

Hasilnya bisa berupa bercak merah, putih atau keperakan pada kulit serta gejala lain seperti gatal, cacat pada kuku atau kulit kering dan pecah-pecah.

"Studi menunjukkan bahwa diet dan olahraga bisa membantu mengurangi gejala psoriasis," kata dermatolog, Dr. Debra Jaliman, MD, seperti dilansir laman Health, Kamis (6/4).

Dalam sebuah studi Denmark yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, peserta psoriasis obesitas yang kehilangan 10 persen hingga 15 persen dari berat badan mereka menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam gejala psoriasis.

Jika Anda memiliki psoriasis, Anda sudah tahu bahwa strategi gaya hidup pintar (seperti mengelola stres, tidak menggunakan sabun yang bersifat keras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News