Komputer Pertama Apple Laku Rp 6,3 Miliar

Komputer Pertama Apple Laku Rp 6,3 Miliar
Steve Jobs dan Apple 1. Foto: The Register
CALIFORNIA - Sebuah komputer Apple 1 yang diproduksi tahun 1976 telah terjual dengan harga USD 650 ribu atau sekitar Rp 6,3 miliar lebih dalam acara lelang yang berlangsung di Cologne, Jerman. Apple 1 merupakan satu dari 50 komputer pertama yang dirancang dan diproduksi pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Komputer yang dibuat di garasi orang tua Stsve Jobs itu yang laku dalam lelang itu merupakan satu di antara enam komputer sejenis yang masih tersisa dan bisa berfungsi. Komputer  dengan motherboard yang ditandatangani Wozniak ini akhirnya jatuh ke tangan seorang pembeli asal Asia.

Tahun lalu, komputer Apple 1 juga terjual dengan harga Rp 6,1 miliar lebih. Jobs dan Wozniak hanya memproduksi 200 Apple 1.  Saat ini, dari jumlah itu hanya tersisa 46 unit saja. Namun, Apple 1 yang masih bisa berfungsi tinggal enam unit.

Menurut laman BBC, Sabtu (25/5), pemenang lelang tidak hanya mendapatkan komputer tetapi juga layar asli, papan ketik, tape-player dan sebuah dokumentasi dengan tanda tangan Steve Jobs. Bob Luther yang menulis buku The First Apple, menyebut Apple 1 sebagai cawan suci teknologi yang layak dikoleksi.

CALIFORNIA - Sebuah komputer Apple 1 yang diproduksi tahun 1976 telah terjual dengan harga USD 650 ribu atau sekitar Rp 6,3 miliar lebih dalam acara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News