Komunikasi Mega-SBY Harus Dibuka

Jika Ingin Muluskan Jalannya Jokowi

Komunikasi Mega-SBY Harus Dibuka
Komunikasi Mega-SBY Harus Dibuka

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputeri sebaiknya segera membuka ruang komunikasi politik dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Langkah tersebut sangat penting  untuk memuluskan langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menuji kursi RI-1.
    
“Dengan posisi SBY sebagai Presiden, Jokowi sebagai gubernur harus mendapatkan izin jika ingin maju sebagai calon presiden. Atau, jika sangat pecaya diri akan memenangkan pemilu presiden, Jokowi dapat mengambil langkah mundur dari kursi Gubernur DKI Jakarta. Itu menurut UU Pilpres 2008,” ungkap Sekretaris Jenderal Founding Fathers House (FFH) Syahrial Nasution, di Jakarta, kemarin (7/4).
    
Dalam UU 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dijelaskan di Pasal 7 ayat 1 bahwa gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai calon presiden atau calon  wakil presiden harus meminta izin kepada presiden.
    
Sedangkan di Pasal 7 ayat 2 menyatakan, surat permintaan izin gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota sebagaimana dimaksud  pada ayat (1) disampaikan kepada KPU oleh partai politik atau  gabungan partai politik sebagai dokumen persyaratan calon presiden atau calon wakil presiden.
    
Syahrial  mengatakan, apabila PDIP dan Mega enggan memulai langkah komunikasi politik dengan SBY, bisa saja peluang Jokowi mengantongi izin untuk betarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 akan terhambat.  Sebab, izin dari SBY menentukan dan sebagai salah satu instrumen yang wajib dipenuhi oleh PDIP untuk memenuhi persyaratan administratif di KPU.
    
Karenanya, kebuntuan komunikasi politik seperti ini harus segera diantisipasi PDIP dan Megawati.  Komunikasi politik Mega dan SBY menjadi sangat penting agar aspirasi rakyat tidak menguap. Pengalaman Pemilu 1999 dimana PDIP memenangkan 33,75 persen suara namun tidak mampu mengantarkan Mega ke kursi presiden.
    
“Mengapa itu terjadi? Karena pada saat itu Megawati dan PDIP merasa yakin akan mampu merebut kursi RI-1 sehingga menutup diri. Terbukti, akhirnya impian tersebut dikandaskan oleh manuver poros tengah,” ujar Syahrial.
    
Peneliti senior FFH Dian Permata menambahkan, hubungan Mega dan SBY tidak berjalan harmonis. Hal ini dilatarbelakangi oleh peristiwa politik pada tahun 2003.  

Dimana saat itu SBY mengundurkan diri sebagai Menteri Kordinator Politik, Hukum, dan HAM serta maju sebagai capres dari dari PD di Pilpres 2004. Kondisi tersebut makin keruh lantaran SBY menang menjadi Presiden RI ke-5. (dms)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputeri sebaiknya segera membuka ruang komunikasi politik dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News