Komunitas Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan Kepada Warga di Makassar

Komunitas Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan Kepada Warga di Makassar
Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) menggelar edukasi kepada masyarakat di Pulau Barrang Lompo. Foto: dok Source for jpnn

jpnn.com, MAKASSAR - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) menggelar edukasi kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Pulau Barrang Lompo, Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar, Jumat (14/7) sore.

"Ini merupakan kegiatan edukasi buat masyarakat kepulauan Barrang Lompo untuk lebih menggunakan alat tangkap secara ramah lingkungan," kata Koordinator Wilayah (Korwil) KNP Sulawesi Selatan, Indra Gunawan di lokasi.

Di dalam laut, ikan-ikan itu membutuhkan lingkungan yang sehat mulai dari air hingga terumbu karangnya.

Ekosistem laut itu pun dinilai rentan mengalami kerusakan akibat penanganan ikan yang salah.

Beberapa cara menangkap ikan yang merusak lingkungan di antaranya seperti menggunakan pukat hingga bahan peledak.

Akan tetapi, praktek tersebut diakui masih banyak dilakukan oleh oknum nelayan di daerahnya.

Oleh karena itu, loyalis Gubernur Jawa Tengah tersebut merasa tergerak untuk menyadarkan para nelayan agar tidak menggunakan teknik dan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan.

"Jadi, ini merupakan kegiatan edukatif yang mana kami berusaha untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat dan memberikan gambaran umum terkait bagaimana penggunaan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan," tuturnya.

Para peserta diajarkan untuk tidak hanya mengejar hasil tangkapan ikan yang banyak, tetapi juga ikut memikirkan dampaknya terhadap ekosistem laut dengan memilih alat yang ramah lingkungan.

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) menggelar edukasi kepada masyarakat di Pulau Barrang Lompo. Simak ulasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News