Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Gelar Pelatihan Keselamatan Bagi Pelaut

Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Gelar Pelatihan Keselamatan Bagi Pelaut
Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menggelar pelatihan keselamatan. Dok Nelayan Pesisir.

jpnn.com, JENEPONTO - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan keselamatan bagi para pelaut.

Dengan adanya pelatihan itu, diharapkan risiko kecelekaan kerja para pelaut bisa diminimalisasi.

Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Zulfikar Amri mengatakan pelatihan digelar di Kecamatan Arungkeke, Jeneponto dan diikuti 100 nelayan dari berbagai tempat

“Pelatihan ini meliputi penjelasan pentingnya memiliki pelampung di kapal, cara mengenakan pelampung dengan baik dan benar, hingga bagaimana memanfaatkan fitur-fitur pada pelampung," ujar Zulfikar dalam siaran persnya, Rabu (7/9). 

Selain itu, komunitas tersebut juga mengedukasi para nelayan perihal waktu yang tepat untuk melaut. Para nelayan didorong untuk bisa memantau cuaca, navigasi, arah angin lewat berbagai platform yang telah disediakan pemerintah. 

Zulfikar mengatakan nelayan adalah salah satu pekerjaan yang sulit dan berbahaya. Kecelakaan kerja pada nelayan, disebut Zulfikar, lebih sering terjadi ketimbang pekerjaan lainnya.

"Berdasarkan data Food and Agriculture Organization, jumlah laju kematian pekerjaan pada nelayan 16 kali lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pada pekerjaan berbahaya lainnya," kata Zulfikar. 

Dia berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kesadaran para nelayan terhadap pentingnya tindak pencegahan kecelakaan, serta untuk mendorong nelayan pesisir di lingkungan kerjanya, agar mau melakukan tindakan pencegahan kecelakaan di laut. 

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan bagi para pelaut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News