Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Ramaikan Pesta Laut Nadran di Cirebon

Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Ramaikan Pesta Laut Nadran di Cirebon
Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) ikut meramaikan pesta laut Nadran. FotoL source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) dukung Ganjar Jawa Barat ikut meramaikan pesta laut Nadran di Pasar Ikan Selo Pengantin, Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jabar, Minggu (3/9).

"Tujuan kami hari ini ingin membantu meramaikan Nadran Laut ini. Karena sebelumnya ada pemberitahuan juga dari salah satu panitia, untuk meramaikan kegiatan ini," kata Koordinator Wilayah KNP Jawa Barat, Asep Hidayat.

Dia menyebut, tradisi setahun sekali itu perlu dilakukan pelestarian secara bersama dengan semangat bergotong royong masyarakat supaya tidak punah.

Menurut Asep, apa yang dilakukan oleh KNP Jabar terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo yang gemar melestarikan seni budaya di Jawa Tengah.

"Untuk Nadran Laut ini, kan, memang setiap nelayan punya agenda tahunan, yaitu pesta laut atau Nadran Laut yang memang hal seperti ini jangan sampai hilang," ungkap dia.

"Tetap harus bisa dilestarikan karena sayang juga inikan suatu budaya yang memang budaya ini sudah ada dari sejak dulu," sambungnya.

Dalam Pesta Laut Nadran tampak puluhan kapal nelayan dan ratusan masyarakat berkumpul dan bersiap di Kali Citemu.

Aneka ragam ornamen menambah estetika kapal mulai dari bendera merah putih, bendera komunitas, hingga bendera kelir biru putih dengan gambar Ganjar Pranowo milik KNP Jabar.

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) ikut meramaikan pesta laut Nadran. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News