Kondisi Sungai Jakarta Masih Aman

Kondisi Sungai Jakarta Masih Aman
Kondisi Sungai Jakarta Masih Aman
JAKARTA - Hujan deras, Rabu (6/2), sejak pukul 16.00 telah menyebabkan genangan di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Namun juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, tinggi muka air sungai pada 16:00 di Jakarta masih aman (Siaga IV, normal).

Lebih lanjut Sutopo menerangkan, berdasarkan analisis cuaca 5-7 Februari 2013 dari BMKG tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumbar menyebabkan peningkatan aktivitas awan-awan hujan di beberapa daerah. Di antaranya, Sumatera bagian Barat, Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Utara, Sulawesi bagian Tengah, Maluku dan Papua.

Adanya pusaran massa udara akibat adanya tekanan rendah (Eddy) di utara Jakarta mengakibatkan terbentuknya konvergensi di wilayah tersebut. Massa udara dari timur Jakarta bergerak menuju Jakarta dan berbelok ke utara mengakibatkan terbentuknya cluster awan di Jakarta dan sekitarnya.

Diprediksi hujan akan berpeluang terjadi hingga pagi hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Masyarakat dihimbau tetap waspada. "Kondisi dinamika atmosfer dengan variabilitasnya berpotensi hujan lebat dapat terjadi," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Hujan deras, Rabu (6/2), sejak pukul 16.00 telah menyebabkan genangan di beberapa wilayah di DKI Jakarta. Namun juru bicara Badan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News