Kongres Aksara Pegon Masuk Agenda Penting Muktamar Ke-34 NU

Kongres Aksara Pegon Masuk Agenda Penting Muktamar Ke-34 NU
Ilustrasi Aksara Pegon. Foto: dok PANDI

jpnn.com, JAKARTA - Kongres Aksara Pegon menjadi salah satu agenda penting di Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang diselenggarakan di Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang.

Kongres Aksara Pegon sendiri akan dilangsungkan pada 22-23 Desember.

Adapun aspek kegiatannya ialah membahas dan menyepakati pembakuan standar digital untuk fon dan papan ketik dari Aksara Pegon.

Hal itu tidak terlepas dari peran Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) yang tengah mengupayakan berbagai Aksara Nusantara bisa hadir di ranah digital lewat program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (Mimdan).

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Kerja sama Pandi, Heru Nugroho sangat berterima kasih kepada pihak Panitia Muktamar yang diketuai KH. M. Imam Azis, telah berkenan memasukkan Kongres Aksara Pegon menjadi bagian dari salah satu kegiatan resmi Muktamar ke-34 NU.

"Saya sangat bersyukur dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia Muktamar, juga kepada pihak terkait, hingga pada akhirnya Kongres Aksara Pegon dapat terlaksana di tengah penyelenggaraan Muktamar NU yang ke-34 di Lampung, Desember mendatang," kata Heru dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Lebih lanjut Heru berharap melalui Kongres Aksara Pegon nanti bisa membuahkan hasil yang maksimal terhadap pembakuan Aksara Pegon dan semoga bisa disepakati bersama.

"Terdapat banyak jenis dan ragam Aksara Pegon yang saat ini digunakan, tetapi pada prosesnya (digitalisasi Aksara) seluruh stakeholder dan pegiat Aksara Pegon harus menentukan satu jenis ragam Aksara Pegon yang disepakati untuk dilakukan pembakuan digital," tambah dia.

Kongres Aksara Pegon menjadi salah satu agenda penting di Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News