JPNN.com

Kongres Amerika Serikat Puji Partisipasi Pemilih Indonesia

Kamis, 01 Agustus 2019 – 22:44 WIB Kongres Amerika Serikat Puji Partisipasi Pemilih Indonesia - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - House Democratic Partnership (HDP) Kongres Amerika Serikat memuji Indonesia yang sukses melaksanakan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Serentak 2019 yang sangat rumit. Delegasi Kongres AS yang dipimpin David Price itu juga salut dengan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali usai pertemuan dengan Kongres AS di gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/8). “Mereka ucapkan selamat kepada kita yang sudah melaksanakan pemilu legislatif dan pemilu presiden yang sangat rumit. Kongres AS sangat salut kepada Indonesia yang tingkat partisipasi pemilihnya di atas mereka,” kata Zainudin.

Seperti diketahui, tingkat partisipasi pemilih pada Pilpres) 2019 81,97 persen. Sementara tingkat partisipasi pemilih pada Pileg 2019 81,69 persen. Jumlah ini melampaui target sebesar 77,5 persen.

BACA JUGA: KPU: Partisipasi Pemilih Perempuan Meningkat

Menurut Amali, tingkat partisipasi pemilih di negeri yang dipimpin Donald Trump sebagaimana diakui oleh Kongres AS paling tinggi hanya 60 persen. “Itupun sudah bagus,” kata politikus senior Partai Golkar ini.

Amali menjelaskan, kemungkinan partisipasi pemilih di AS tidak sehebat dan setinggi Indonesia karena masyarakat di sana untuk terdaftar sebagai pemilih melakukan pendaftaran sendiri.

“Kalau kita kan didaftarkan, sementara mereka mendaftar sendiri menjadi pemilih. Jadi, tingkat partisipasi Indonesia itu membuat mereka salut,” ujar Amali.

Selain itu, Amali mengatakan dalam pertemuan itu juga dibahas tentang demokrasi di Indonesia. Amali menjelaskan bahwa demokrasi merupakan cara mengelola negeri ini. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...