The Squad: Donald Trump Pemimpin Lemah

The Squad: Donald Trump Pemimpin Lemah
Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Ilhan Omar, dan Ayanna Pressley, empat legislator Amerika Serikat yang dijuluki The Squad menanggapi cuitan rasis Presiden Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump memang rasis. Hal itu terbukti dari cuitan kurang ajarnya yang viral pekan ini. Cuitan yang bahkan membuat loyalis di Partai Republik angkat tangan.

Cuitan itu ditujukan kepada empat legislator perempuan dari Partai Demokrat, Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Ilhan Omar, dan Ayanna Pressley. Di lingkaran Capitol Hill, mereka lebih dikenal dengan julukan The Squad. Julukan ter­sebut muncul karena empat politikus non-kulit putih itu punya prinsip politik yang sama.

Minggu lalu Trump memang tak menyebut nama apa pun. Dia hanya mengungkapkan bahwa anggota kongres perempuan yang berpaham progresif seharusnya pulang ke tanah kelahiran mereka. Namun, banyak orang yang menyimpulkan bahwa yang dibidik ayah Ivanka itu adalah The Squad.

"Jangan terpancing dengan upaya pengalihan perhatian itu," ujar Pressley seperti dikutip CNN.

BACA JUGA: AS Nyaris Perang Total dengan Iran, Untung Donald Trump Galau

Pasca unggahan di akun Twitter tersebut, banyak pihak menghujat Trump. Menurut mereka, pernyataan suami Melania itu rasis. Juga, faktanya, hanya satu di antara empat politikus perempuan tersebut yang lahir di luar negeri.

Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi mengatakan, Trump kembali melewati batas. Petinggi Partai Demokrat itu berjanji merespons tindakan tersebut. Sepertinya, Pelosi tak lagi menghiraukan konflik internalnya dengan The Squad setelah melihat cemoohan sang kepala negara.

"Moto Trump dari awal bukanlah Make America Great Again (Buat Amerika Kembali Hebat), melainkan Make America White Again (Buat Amerika Kembali Putih)," ujarnya sebagaimana dilansir Washington Post.

Empat perempuan anggota Kongres AS menggelar konferensi pers Senin waktu setempat (15/7). Tujuan mereka jelas, secara resmi menanggapi cuitan Presiden AS Donald Trump yang sedang viral

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News