Rabu, 26 Juni 2019 – 09:19 WIB

KPU: Partisipasi Pemilih Perempuan Meningkat

Kamis, 28 Februari 2019 – 07:12 WIB
KPU: Partisipasi Pemilih Perempuan Meningkat - JPNN.COM

jpnn.com, AMBON - Partisipasi pemilih di Kota Ambon meningkat berdasarkan hasil pemilihan Wali Kota Ambon 2017 lalu. Peningkatan juga terjadi saat pemilihan gubernur 2018. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakin, partisipasi pemilih di pemilu kali ini jauh lebih baik.

Ambon Ekspres (Jawa Pos Group), kemarin melaporkan, berdasarkan data KPU Kota Ambon, peningkatan pertisipasi pemilih, justru terjadi di kalangan perempuan. Sementara untuk laki-laki masih di bawah.

“Partisipasi pemilih di Kota Ambon makin meningkat. Mulai dari Pilwakot sampai Pilgub kemarin mencapai 68, 4 persen. Kebanyakan pemilih perempuan. Kita berharap lebih meningkat lagi di pileg,” kata Komisioner KPU Kota Ambon, Rieke Uruilal kepada awak media, saat melakukan sosialisasi partisipasi pemilih di Politeknik (Poltek) Negeri Ambon, Selasa (26/2).

BACA JUGA: MPR Ingatkan KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Meski terjadi peningkatan, KPU terus melakukan sosialisasi kepada ke masyarakat, termasuk pemilih pemula dikalangan mahasiswa. Untuk memberikan hak suaranya saat pemilihan nanti. Kegiatan yang sama juga dilakukan kepada perempuan, dan penyandang disabilitas.

Upaya tersebut, juga diperkuat dengan kerjanya relawan demokrasi yang saat ini sudah dibentuk oleh KPU dan mulai bekerja. ''Prinsipnya seperti itu. KPU sebagai penyelenggara punya hak berikan sosialisasi ke masyarakat. Terutama pemilih pemula. Makanya yang dilakukan hari ini, dengan melibatkan Mahasiswa Poltek, Unpatti, Darussalam dan IAIN,’' ujarnya.

Ketua Devisi SDM Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan KPU Kota Ambon ini menegaskan, dengan jumlah pemilih yang cukup banyak, sosialisasi ekstra perlu dilakukan. Apalagi pemilihan kali ini, warga harus mencoblos lima kertas suara. ''Berbeda dengan sebelumnya. Tentu membingungkan pemilih apalagi yang sudah lansia,” katanya.

“Kali ini memang agak ribet, karena satu orang harus mencoblos lima kertas suara. Makanya kita harus maksimal melakukan sosialisasi,” ungkapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar