Tingkat Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Jatim Melampaui Target Nasional, Alhamdulillah

Tingkat Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Jatim Melampaui Target Nasional, Alhamdulillah
Warga menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jawa Timur mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi yang digelar sejak 3 Maret hingga 8 Maret 2024, di Kota Surabaya.

Sisanya, 7 kabupaten/kota, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Aang Kunaifi, belum selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara.

"Alhamdulillah 31 kabupaten/kota sudah rekapitulasi. Tersisa tujuh daerah, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Jember, dan Lumajang," kata Aang di masa jeda pelaksanaan rekapitulasi tingkat provinsi di Surabaya, Kamis (7/3) malam.

Aang mengatakan, penyebab belum terlaksananya rekapitulasi untuk tujuh daerah itu karena masih menunggu jadwal pembacaan formulir D hasil, seperti halnya Kabupaten Jember dan Lumajang.

Sedangkan untuk lima daerah lainnya masih menunggu rampungnya proses rekapitulasi ditingkat kabupaten/kota.

"Ditargetkan tanggal 8 Maret ini, selesai semuanya," ujarnya.

Aang menjelaskan bahwa berdasarkan perkembangan persentase partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 berdasar rekapitulasi di 31 wilayah kabupaten/kota berada di angka 84 persen.

"Angka itu melebihi target nasional. Terima kasih kepada seluruh pihak," ucapnya.

Berdasar rekapitulasi penghitungan suara di 31 kabupaten/kota, tingkat partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Jatim lumayan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News