Konon Pemilih Prabowo di Sulsel Masih Solid

Konon Pemilih Prabowo di Sulsel Masih Solid
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: DPP Gerindra

jpnn.com, MAKASSAR - Pengamat politik Universitas Pancasakti Sakral Wijaya Saputra menilai pemilih loyalis Prabowo Subianto di Sulawesi Selatan (Sulsel) masih solid meski eks calon presiden 2019 itu kini menjadi pembantu Presiden Joko Widodo di kabinet.

"Kalau melihat trennya tentu pemilih loyalis Prabowo masih ada di Sulsel. Meskipun belum ada kepastian Prabowo akan kembali maju menjadi Capres di Pemilu 2024 nanti," kata Sakral Wijaya saat Ngobrol Politik (Ngopi) di Makassar, Rabu (28/12).

Dia menilai tingkat elektoral Prabowo masih diuji dan sangat ditentukan dari kinerjanya selama menjabat Menteri Pertahanan.

Oleh karena itu, ketua umum Gerindra tersebut harus fokus menyelesaikan tugas-tugasnya menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Jokowi.

Prabowo juga dinilai punya peluang besar untuk menjadi capres meski sudah ada beberapa bakal calon presiden yang mengemuka, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Puan Maharani.

"Peluangnya sangat besar untuk maju kembali, dari beberapa bakal calon lain yang bukan sebagai ketua umum partai," ucapnya.

sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menyebut pemilih loyalis Prabowo di Sulsel masih ada sekitar 28 persen.

"Loyalis Pak Prabowo masih ada di Sulsel maupun daerah lain. Walaupun nanti maju atau tidak, tentu mereka akan mengikuti arahan. Ini tergantung restu dari Presiden Jokowi karena masih memegang kendali di Istana," tuturnya.(antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Pengamat politik Sakral Wijaya Saputra menilai pemilih loyalis Prabowo Subianto di Sulsel masih solid meski ketum Gerindra itu kini jadi menterinya Jokowi.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News