Konon Pernah Ada Blasteran Simpanse dengan Manusia

Konon Pernah Ada Blasteran Simpanse dengan Manusia
Simpanse bernama Oliver yang sempat diyakini sebagai hibrid dari sperma manusia. Foto: The Sun/Bettmann

jpnn.com - Seorang ilmuwan bernama Gordon Gallup menyampaikan klaim kontroversial mengenai eksperimen membuat blasteran antara manusia dengan simpanse. Menurutnya, eksperimen yang dilakukan sekitar 100 tahun silam di Amerika Serikat itu berhasil membuat hibrid.

Gordon yang dikenal sebagai psikolog evolusi menuturkan, pelaku eksperimen itu adalah dosennya yang juga seorang profesor. Eksperimen di Orange Park, Florida pada era 1920-an itu berhasil melahirkan ‘humanzee’ yang berarti perpaduan human dan chimpanzee.

Merujuk keterangan Gordon, laman The SUN mengabarkan bahwa simpanse betina dibuahi dengan sperma manusia. Ternyata simpanse itu hamil.

“Mereka menginseminasi simpanse betina dengan sperma manusia dari donor yang dirahasikan dan ternyata tidak hanya hamil, tapi juga melahirkan,” tutur Gordon.

Namun, keberhasilan itu menimbulkan persoalan etika dan moral. Akhirnya humanzee itu pun harus berakhir dengan eutanasia.

“Dalam hitungan hari atau beberapa minggu, mereka mulai menyadari pertimbangan moral dan etika sehingga anak itu dieutanasia,” sebut Gordon.

Menurut Gordon, sumber informasinya adalah ilmuwan kredibel di Yerkes National Primate Research Center sebelum pusat peneliian itu direlokasi ke Emory University, Atlanta, Georgia pada 1930. Gordon menegaskan, bukan hanya hibrid manusia dengan simpanse yang memungkinkan.

Sebab, hibrid dari sperma manusia dengan gorila ataupun orang utan juga sangat memungkinkan. “Manusia dan tiga spesies besar kera berasal dari satu keturunan mirip kera,” sebutnya.

Seorang ilmuwan bernama Gordon Gallup menyampaikan klaim kontroversial mengenai eksperimen membuat blasteran antara manusia dengan simpanse.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News