Konser Vinculos 2018 Pukau Masyarakat Ambon

Konser Vinculos 2018 Pukau Masyarakat Ambon
Suasana konser Vinculos for Indonesia 2018 di Lapangan Merdeka Kota Ambon menghadirkan Orkestra Ocas dan paduan Tahuri Hutumuri. Foto: Kemendikbud

jpnn.com, AMBON - Kelompok orkestra Ocas dari Spanyol berhasil memukau mayarakat Ambon dalam konser bertajuk Vinculos for Indonesia 2018 di Lapangan Merdeka, Sabtu (4/8).

Mereka menampilkan kolaborasi harmonis bersama 70 musisi paduan alat musik tahuri dari Negeri Hutumuri, Leitimur Selatan yang dipimpin Carolis Elias Horhoruw.

Ocas dan musisi muda Tahuri membawakan tiga lagu khas Maluku berjudul Ayo Mama, Huhate dan Goro-Gorone.

Selain itu, Ocas juga menampilkan sejumlah komposisi klasik Spanyol, Kuba, dan lagu bernuansa tari flamengo.

Setelah ini, Ocas melanjutkan konser ke tiga daerah di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Kabupaten Sigi, dan Parigi Moutong pada 5-14 Agustus.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadjamuddin Ramly mengatakan, konser itu bertujuan menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, dan persatuan dalam kemajemukan.

“Vinculos untuk Indonesia 2018 dihelat di Kota Ambon sebagai upaya mendukung ditetapkannya Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada tahun 2019 mendatang,” kata Nadjamuddin.

Nadjamuddin menjelaskan, kegiatan ini juga menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik yang telah terjalin baik antara Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Spanyol.

Kelompok orkestra Ocas dari Spanyol berhasil memukau mayarakat Ambon dalam konser bertajuk Vinculos for Indonesia 2018 di Lapangan Merdeka, Sabtu (4/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News