Rabu, 22 November 2017 – 10:34 WIB

Konsumsi Kenari Kurangi Resiko Sakit Jantung

Kamis, 23 Mei 2013 – 18:25 WIB
Konsumsi Kenari Kurangi Resiko Sakit Jantung - JPNN.COM

MENGKONSUMSI kacang atau minyak kenari, ternyata mampu meningkatkan kadar kolesterol secara signifikan dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang membantu peredaran aliran darah menjadi lancar.

"Hanya mengkonsumsi sedikit kenari, bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung," kata profesor nutrisi di Penn State University, Dr Penny Kris Etherton, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (22/5).

Pemimpin penulis, Claire Berryman juga mengatakan bahwa, minyak yang ditemukan dalam kenari dapat mempertahankan fungsi pembuluh darah. Minyak kenari sangat baik dalam mengembangkan fungsi sel endotel (lapisan sel gepeng yang melapisi permukaan pembuluh darah), yang sangat penting dalam menjaga fleksibilitas pembuluh darah.

Menurut para peneliti, kenari mengandung lemak omega-3, sterol tanaman yang dikenal mampu menurunkan kolesterol dan juga mengandung vitamin E, yang semuanya dapat memberikan efek perlindungan terhadap jantung. Implikasi dari temuan ini bisa berarti meningkatkan strategi diet untuk melawan penyakit jantung.

Namun Victoria Taylor, seorang ahli gizi senior di British Heart Foundation, mempunyai pendapat yang berbeda. Ia mengatakan bahwa, kacang atau kenari mengandung lemak yang sangat tinggi. Maka dari itu, kontrol porsi sangat penting untuk memastikan bahwa anda, mendapatkan manfaat dari nutrisi (kacang/kenari) tanpa menambahkan kalori ekstra.

"Kenari memang mengandung lemak omega-3. Namun, sumber terbaik lemak omega-3 tetap terdapat pada ikan berminyak dan kami belum tahu pasti apakah kenari membawa manfaat yang sama," pungkasnya.(fny/jpnn)
SHARES
TAGS   kenari jantung
loading...
loading...
Komentar