Bahaya Mainan Plastik Pada Anak

Bahaya Mainan Plastik Pada Anak
Bahaya Mainan Plastik Pada Anak
PAPARAN phalates (bahan kimia yang dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan dalam dosis tinggi), yang digunakan dalam kemasan makanan dan barang-barang lainnya seperti gelas plastik, bola pantai dan  mainan plastik, diduga menyebabkan metabolisme yang signifikan, kelainan hormonal dan tekanan darah tinggi, terutama selama masa pertumbuhan anak-anak.

Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, mengatakan bahwa paparan DEHP (di-2-ethyhexylphthalate), yang sering digunakan dalam produksi pangan industri, bertanggung jawab untuk tekanan darah sistolik tinggi (ukuran tekanan dalam arteri saat jantung berdetak) pada anak-anak.

"Phthalates dapat menghambat fungsi sel jantung, dan menyebabkan stres oksidatif yang membahayakan kesehatan arteri pada anak-anak," kata profesor pediatri di NYU Langone Medical Centre, Dr Leonardo Trasande, dilansir laman Daily Mail.

"Kami ingin meneliti hubungan antara phthalates dan tekanan darah anak-anak, mengingat saat ini kasus tekanan darah tinggi pada anak-anak sedang meningkat. Studi kami menggarisbawahi perlunya inisiatif kebijakan pemerintah, yang membatasi penggunaan bahan kimia yang mengganggu, sehingga dapat melindungi kesehatan anak-anak" kata Dr. Trasande lebih lanjut.(fny/jpnn)

PAPARAN phalates (bahan kimia yang dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan dalam dosis tinggi), yang digunakan dalam kemasan makanan dan barang-barang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News