Kontrol Gula Darah secara Alami dengan Teh Gingseng

Kontrol Gula Darah secara Alami dengan Teh Gingseng
Teh gingseng. Foto: organicfacts

jpnn.com - Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan penyakit mematikan di dunia setelah strok dan jantung. Diabetes ditandai dengan fluktuasi kadar gula darah dalam tubuh.

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati dengan asupan makanan mereka. Menurut para ahli, makan makanan yang manis berlebihan, minuman aerasi, dan lemak trans dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus memasukkan makanan yang kaya serat. Sebab, serat dapat memecah dan mencerna, serta menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Ada banyak makanan, rempah-rempah dan herbal yang bisa membantu mengelola diabetes secara alami. Salah satu ramuan tersebut adalah ginseng. 

Ginseng adalah bahan ramuan yang telah menjadi bagian penting dari pengobatan Tiongkok sejak dahulu kala. Orang Korea juga menggunakannya dalam berbagai masakan lezat atau obat.

Sementara itu, teh ginseng juga diyakini sebagai penekan nafsu makan dan digunakan sebagai bantuan penurunan berat badan. Studi telah mengklaim bahwa ginseng merah Korea dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola diabetes mereka secara efisien.

Ginseng dikatakan membentuk interaksi dengan insulin, glimepiride, glyburide dan glipizide yang membantu menurunkan gula darah. Sebagai pengobatan di rumah, berikut cara membuat ramuan teh ginseng, dilansir dari NDTV Food, Sabtu (2/2).

Pertama, potong akar ginseng segar, buat sekitar 6-7 irisan. Pastikan diiris tipis. Kedua, tuang 4 gelas air panas ke dalam panci atau pot yang telah disediakan. Anda juga bisa menambahkan serutan jahe. Setelah 10 menit direndam, saring teh dan tuangkan ke dalam gelas.(jpc/jpnn)


Ada banyak makanan, rempah-rempah dan herbal yang bisa membantu mengelola diabetes secara alami. Salah satu ramuan tersebut adalah ginseng.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News