Konvensi PD Buka Peluang Nonkader jadi Capres

Konvensi PD Buka Peluang Nonkader jadi Capres
Konvensi PD Buka Peluang Nonkader jadi Capres
JAKARTA - Ide konvensi penjaringan bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrat (PD) dengan melibatkan rakyat melalui primary election sebagaimana ide ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diklaim sebagai terobosan luar biasa yang akan dilakukan partai pemenang Pemilu 2009 itu.  Menurut Ketua DPP PD, Sutan Bhatoegana, langkah itu berarti membuka peluang non-kader menjadi capres PD.

Menurut Sutan, banyak pihak selama ini menuding PD hanya memikirkan kader sendiri dan tidak terbuka. "Partai ini kendaraan politik orang belajar politik melalui partai, untuk mencapai pemimpin nasional melalui partai. Saya kira sudah saatnya Demokrat membuka hal demikian," ujar dia di DPR, Jakarta, Senin (8/4).

Tapi Sutan membantah anggapan bahwa ide konvensi karena kurangnya kader internal PD yang potensial. "Kader kita enggak ada yang kurang. Banyak profesor doktor tapi yang berminat jadi presiden itu kita belum tahu. Makanya kita buka. Bisa dari dalam bisa dari luar," ucapnya.

Meski menggelar konvensi, tapi PD ingin bakal capres yang akan diusung nanti memenuhi kriteria yang ketat. "Kita pakai kriteria yang benar-benar ketat. Jangan pula umpamanya ahli santet (yang dipilih) ya enggaklah," tutur politisi yang gemar berkelakar itu.

JAKARTA - Ide konvensi penjaringan bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrat (PD) dengan melibatkan rakyat melalui primary election sebagaimana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News