Kopaska Juga Stupid Crazy, Malaysia Pernah Terbirit-birit

Kopaska Juga Stupid Crazy, Malaysia Pernah Terbirit-birit
Pasukan TNI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TNI memang memiliki beberapa pasukan elit yang bisa dibanggakan. Di antaranya adalah Kopassus, Satgultor-81, Taifib Marinir, Kopaska, Denjaka, Kopaskhas, dan Den Bravo dan lainnya. Kehebatan mereka pun sampai terdengar di penjuru dunia. Terakhir, dalam perayaan HUT TNI di Cilegon, Banten 5 Oktober lalu, beberapa kalangan menyebut bahwa Marinir TNI AL Stupid Crazy saat menerjunkan tank amfibinya LVT-7 dari darat ke laut..

Sebenarnya, bukan hanya marinir yang bisa disebut stupid crazy alias nekat dan gila. Tapi para pasukan elit TNI lainnya juga tergolong nekat dan gila. Salah satunya adalah Kopaska (Korps Pasukan Katak). 

Pasukan katak adalah pasukan khusus milik TNI yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada 31 Maret 1962. Pasukan ini memiliki motto Tan Hana Wighna Tan Sirna atau Tidak Ada Rintangan yang Tak Dapat Diatasi.

Tugas utama Kopaska adalah peledakan ataudemolisi bawah air.  Termasuk juga sabotase/penyerangan rahasia kekapal lawan dan sabotase pangkalan musuh. Pasukan ini juga memiliki tugas penghancuran instalasi bawah air, pengintaian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar. Serta, menjalankan operasi antiteror di laut.   

Salah satu operasi legendaris Kopaska adalah saat beberapa personel mereka ditugaskan untuk mengamankan Blok Ambalat dari gangguan Malaysia. 

Peristiwa itu diungkap dalam buku: Kopaska, Spesialis Pertempuran Laut Khusus yang diterbitkan untuk memperingati ulang tahunnya yang ke 50. 

Pada 2005, hubungan Indonesia dan Malaysia memanas di Blok Ambalat. Indonesia sedang membangun mercusuar Karang Unarang yang terletak di titik terluar sebagai batas wilayah. 

Tapi pembangunan itu terus diganggu oleh Tentara Laut Diraja Malaysia maupun Marine Police. Mereka terus bermanuver di dekat area pembangunan yang menimbulkan gelombang dan membuat pekerja kesusahan membangun mercusuar.

TNI memang memiliki beberapa pasukan elit yang bisa dibanggakan. Di antaranya adalah Kopassus, Satgultor-81, Taifib Marinir, Kopaska, Denjaka, Kopaskhas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News